Sabtu, 23 April 2022

Mengintip Peluang Bisnis Konveksi dan Jasa Sablon Rumahan Yang Menguntungkan

Sebelumnya apakah pengertian dari bisnis konveksi itu? Usaha konveksi merupakan suatu usaha produksi pakaian dalam skala banyak. Secara lebih detail usaha konveksi adalah sebuah tempat produksi pakaian siap pakai seperti kaos, kemeja, jaket, celana, rok dan sebagainya. 

konveksi jogja


Proyeksi Peluang Usaha Konveksi dan Jasa Sablon Jogja

Nah, apakah bisnis konveksi dan jasa sablon skala rumahan ini bisa menguntungkan? Tentu saja bisa banget gaes, karena di Indonesia sendiri merupakan pangsa pasar yang menggiurkan banget, dengan populasi penduduk Indonesia yang banyak banget tentunya peluang bisnis Konveksi Jogja ini bisa menjadi usaha yang berkembang.

Apalagi menjelang lebaran ataupun hari raya natal, pastinya omset penjualan pakaian jadi akan naik berkali lipat dari bulan-bulan biasanya.

Untuk membangun bisnis konveksi tidak harus dengan modal yang besar, namun dengan modal yang kecil pun bisa asalkan senantiasa menjaga mutu produk yang dihasilkan. Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, bisnis usaha konveksi rumahan ini bisa menjadi besar, terlebih jika sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan yang loyal karena kualitas produk yang dihasilkan bermutu tinggi.

Tahapan Untuk Memulai Bisnis Usaha Konveksi dan Sablon

Memulai sebuah usaha harus direncanakan secara matang dan tepat. Selain itu kita harus memiliki plan-plan dan  skenario jika menghadapi kesulitan yang menghadang. Berikut ini merupakan tahapan awal dalam merancang bisnis usaha konveksi agar sukses di masa mendatang, yuk cekidot gaes

Analisis Bisnis

Persiapan analisis bisnis sering dikenal dengan singkatan SWOT (Strenght, Weakness,Oportunity, Threat) jika diartikan merupakan panduan analisis untuk menentukan strategi pemasaran dalam membangun produk anda agar berhasil dan diterima dengan baik oleh pasar.

Bisnis usaha konveksi jogja dan jasa sablon jogja merupakan bisnis yang dinamis, dalam artian analisis SWOT ini menjadi begitu fundamental untuk kesuksan produk anda dapat diterima pasar. Contohnya adalah produk yang dihasilkan haruslah mengikuti tren pasar.

Jika anda melempar produk ke pasaran tanpa menganalisis tren yang sedang booming tentunya produk yang anda jual pastinya juga ga akan mendapatkan penjualan yang memuaskan. Lain halnya jika anda sudah meriset secara cermat tren apa yang sedang diminati konsumen, anda keluarkan produk dan boooommmm, meledaklah penjualan anda.

Selain meriset produk yang sedang trending di pasaran, anda harus memikirkan juga jumlah karyawan yang diperkerjakan, jangan sampai anda salah memperhitungkan, karena komponen gaji karyawan merupakan fixed cost yang bilamana anda salah perhitungan akan menyebabkan cashflow menjadi negatif.

Persiapan Sarana Dan Prasarana Usaha Konveksi

Bisnis usaha konveksi membutuhkan sarana dan prasarana yang mencukupi, diantaranya adalah lokasi serta peralatan seperti mesin jahit, mesin obras, mesin potong, mesin steam dll. Jumlah kuantitasnya disesuaikan dengan karyawan yang diperkerjakan sehingga efektif.

Cari Supplier Yang Sesuai

Tentunya dalam usaha konveksi dan sablon memerlukan bahan baku berupa kain dan benang, maka anda harus mulai mencari terlebih dahulu supplier yang mampu menyediakan bahan baku yang berkualitas. Jika bahan bakunya sudah grade A, tentunya produk pakaian jadinya pun akan bagus pula kualitasnya.

Strategi Pemasaran Yang Tepat dan Efektif

Sukses atau tidaknya sebuah produk tergantung dari strategi pemasarannya. Sebuah produk yang bagus bisa saja tidak laku dipasaran jika strategi pemasarannya salah atau tidak tepat sasaran. Untuk itulah strategi pemasaran yang tepat dan efektif diperlukan.

Di era sekarang ini yang lebih dikenal dengan era 4.0 strategi pemasaran berbasis internet lebih unggul bila dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. Masyarakat di era sekarang ini sudah sangat familiar dengan adanya marketplace bila dibandingkan dengan 10 tahun kebelakang.

Munculnya berbagai macam marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, JDid, serta media sosial seperti facebook dan instagram merupakan pasar yang sangat potensial yang akan melipat gandakan omset penjualan anda.

Tips-Tips Agar Bisnis Konveksi dan Jasa Sablon Rumahan Anda Sukses

  1. Untuk tempat produksi, gunakan ruangan yang tidak terpakai di rumah anda karena akan menghemat cost untuk sewa tempat. Bisnis konveksi rumahan tidak memerlukan lokasi yang strategis kok gaes.
  2. Setiap bisnis tentunya membutuhkan modal, tak terkecuali bisnis konveksi rumahan ini. Jika anda memiliki modal yang besar, anda bisa memproduksi langsung alias ready stok, namun jika modal anda tidak terlalu besar, anda bisa mengakalinya dengan metode pemesanan alias pre-order.
  3. Bangun kepercayaan konsumen dengan branding produk anda secara kontinyu melalui media sosial seperti instagram dan website atau blog.
  4. Siapkan strategi pemasaran anda secara matang, tepat dan efektif. Gunakan tools iklan berbayar seperti google ads, facebook ads untuk mempromosikan produk anda.
  5. Jangan lupa untuk mencatat semua laporan keuangan anda, kas masuk dan kas keluar karena untuk menganalisa cost dan profitnya. 
Itu tadi sedikit tips untuk anda yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis konveksi jogja dan jasa sablon jogja. Semoga tulisan diatas bisa menambah wawasan dan insight dalam memulai bisnis konveksi rumahan.