Selasa, 26 April 2022

Gurihnya Bisnis Ternak Kura Kura Sulcata

Berikut Ini Adalah Fakta-Fakta Menarik Tentang Kura Kura Sulcata :

Banyak penghobi yang suka memelihara hewan reptil, salah satunya adalah kura-kura Sulcata ini. Kura-kura ini bisa bertahan hidup dengan iklim tropis seperti di Indonesia serta perawatannya yang tidak terlalu ribet sehingga banyak peminatnya. Yuk Langsung aja cek fakta faktanya tentang hewan reptile ini gaes.

kura kura sulcata


Asal Kura-Kura Sulcata

Kura kura Sulcata ini berasal dari benua Afrika sesuai dengan julukannya African Spurred Tortoise.  Jenis kura kura sulcata ini memiliki ciri fisik yaitu memiliki "spur" atau taji dibelakang pahanya. Karena keunikannya jenis kura-kura sulcata ini menjadi hewan peliharaan yang eksotik dan memiliki nilai jual yang mahal sehingga banyak breeder yang mengembang biakkan kura-kura sulcata ini.

Ukuran Jumbo dan Umur Yang Panjang

Kura-kura sulcata ini merupakan kura-kura darat terbesar ketiga di dunia. Urutan pertama kura-kura terbesar di dunia adalah kura kura Galapagos yang hanya terdapat di kepulauan Galapagos, sedangkan urutan terbesar kedua yakni kura kura Aldabra lalu kura-kura sulcata.

Keunikan kura kura sulcata selain karena ukurannya yang besar, jenis kura kura ini juga memiliki umur yang panjang lho gaes, jika dirawat secara baik bisa mencapai umur 100 tahun lebih, 

Termasuk Jenis Hewan Herbivora

Kura kura sulcata ini termasuk jenis herbivora jadi makanan utamanya full sayur-sayuran dan buah-buahan saja gaes, jadi lebih hemat dalam biaya pemberian pakan bila dibandingkan jika kamu memelihara macan atau singa hehehehe. Jika di alam liar, kura kura sulcata bisa memakan tumbuhan kaktus lho gaes.

Bisa Tahan Tidak Makan dan Minum dalam waktu yang lama

Kura kura sulcata ini merupakan hewan yang sangat tangguh gaes, karena merupakan hewan gurun maka kemampuan adaptasi tanda makan dan minum dalam waktu lama mutlak diperlukan untuk bertahan hidup. Biasanya dialam liar, kura-kura sulcata jika menemukan sumber air akan meminum air bisa sampai 15 persen dari bobot tubuhnya sebagai cadangan.

Membutuhkan Suhu Yang Tinggi

Merupakan hewan gurun tentunya kura-kura sulcata terbiasa dengan suhu yang panas. Kura kura ini bisa bertahan dengan suhu 37 derajat celcius atau lebih selama ada tempat untuk berteduh, biasanya penghobi membuatkan gua buatan untuk kura-kura berteduh.

Jadi buat kamu yang berencana memelihara kura-kura yang masih kecil atau baby maka harus diperhatikan betul-betul suhunya. Jagalah suhu ruangan sekitar 26-32 derajat celcius, jika siang hari harus rajin direndam dan dijemur sedangkan di malam hari bisa ditambahkan lampu UV untuk mendapatkan panas tambahan. Jangan biarkan kandang terlalu dingin, karena kura-kura akan berhenti makan dan rentan terhadap penyakit.

Harga Yang Lumayan Mahal

Kura-kura Sulcata ukuran baby seukuran 5cm - 6cm harganya sudah lumayan gaes. Harga pasarannya dibandrol antara 700-800rb per ekornya, namun tidak disarankan untuk pemula karena masih sangat butuh perawatan extra agar tidak mati. Untuk pemula disarankan ambil ukuran diatas 10cm ya gaes.