Kamis, 03 Oktober 2019

Melihat Gagahnya Merapi Melalui Bukit Klangon Cangkringan


Wisata ngehits di Sleman ini bernama Bukit Klangon, wisata alam ini berada di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Meskipun baru ngehits akhir-akhir ini di sosial media karena pemandangan gunung merapi yang indah dari gardu pandang di bukit Klangon, ternyata tempat wisata alam ini sudah dibuka untuk umum dari tahun 2011 yang lalu lho gaes.

bukit klangon kaliurang

Mendapat donasi untuk pengembangan wisata minat khusus dari Riotary Internasional, bukit klangon ini dibuka untuk umum setelah terjadinya erupsi gunung merapi tahun 2010. Bukit Klangon ini kemudian dikelola oleh masyarakat sekitar dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah kabupaten Sleman dengan diperluasnya lahan untuk parkir kendaraan serta penambahan-penambahan spot fotografi untuk menikmati pemandangan alam gunung Merapi.

Jika kamu ingin menikmati keindahan gunung merapi dari dekat, silahkan datang ke bukit Klangon ini, karena dari gardu pandang yang ada di bukit klangon dengan puncak gunung merapi hanya berjarak 4 kilometer saja, cukup seru bukan.

Dari gardu pandang yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini, pengunjung bisa melihat gagahnya gunung Merapi yang berdiri gagah dan mempesona. Suasana sejuk dan syahdu bisa membuat kamu betah berlama-lama disini.

Selain dikenal dengan gardu pandangnya, bukit Klangon juga terkenal dengan tracking untuk sepeda downhill lho gaes, jadi untuk kamu yang suka berpetuangan dan menyukai tantangan, kamu bisa mencoba downhill disini. Tersedia sirkuit yang biasa digunakan untuk acara balapan downhill baik event nasional maupun internasional.

Waktu Terbaik Untuk Menikmati Suasana Alam Bukit Klangon

Waktu terbaik untuk menikmati suasana di bukit Klangon adalah di pagi hari saat mentari mulai menunjukkan sinarnya. Menikmati hangatnya sinar mentari di pagi hari sambil memandang landscape pemandangan pegunungan tentunya bisa membuat rileks pikiran ditambah lagi suasana sejuk khas daerah pegunungan.

bukit klangon cangkringan

Lokasi Bukit Klangon Cangkringan

Lokasinya berada di dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Berada di sebelah utara pusat kota Jogjakarta dengan jarak kurang lebih sekitar 30 kilometer. Yang perlu kamu persiapkan untuk sampai ke bukit klangon ini adalah kendaraan sepeda motor atau mobil harus dalam keadaan prima karena rute yang ditempuh adalah jalanan menanjak.

pemandangan bukit klangon

Harga Tiket Masuk dan Parkir Bukit Klangon

Untuk bisa menikmati suasana alam yang syahdu di bukit Klangon ini, pengunjung belum ditarik biaya restribusi, namun disediakan kotak sumbangan seiklasnya jika kamu ingin berfoto-foto di spot yang sudah disediakan pengelola.

Untuk harga parkirnya pengunjung dikenakan biaya 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

tiket masuk bukit klangon

Fasilitas Yang Disediakan Di Bukit Klangon

Untuk fasilitas yang disediakan diantaranya adalah toilet, tempat parkir, mushola, warung makan, spot fotografi yang instagramable, gazebo, gardu pandang dengan background gunung merapi.